Kamis, 18 September 2014

Keunikan Pada Danau Matano

Selain terdapat danai tempe di Sulawesi Selatan juga terdapat Danau Matano. Anda pernah mendengar tentang Danau Matano? Danau Matano adalah danau danau yang berasal dari banyak mata air yang muncul akibat pergerakan tektonik, sehingga danau ini tidak akan mengalami kekeringan meskipun pada musim kemarau sekalipun. Danau ini memiliki ketinggian permukaan air sekitar 385 meter di atas permukaan laut, danau manato ini merupakan danau terdalam se Asia -Tenggara. Menurut beberapa penelitian, danau yang terjadi akibat bentukan alam yang ada di Sorowako ini, termasuk danau langka di dunia.
Keunikan Pada Danau Matano

Danau Matano menyimpan benyak keunikan yang menjadi daya tarik bagi tempat wisata ini. Inilah keunikan pada Danau Matano yang sering sekali memikat para wisatawan untuk tertarik mengunjungi tempat wisata daerah tersbut :
  • Danau Mantano bersifat isothermal, sehingga memiliki suhu air di permukaan dan suhu air di dasar danau itu berbeda kurang dari dua derajat Celcius. 
  • Di dekat Desa Matano yang terletak di sekitar danau ini, terdapat mata air yang mucul dari dasar danau.  
  • Di kedalaman 200-300 meter terdapat kolam ikan dengan indikasi aliran gravitasi di dasar danau. Salah satu mata air yang muncul di desa dekat Danau Sorowako. 
  • Di danau ini pun terdapat flora dan fauna yang endemik di Sorowako, artinya tidak dapat ditemukan di tempat lainnya.
Keunikan Pada Danau Matano

Dari danau ini anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam yang seolah terjundi tengah – tengah danau, sambil ditemani ratusan burung – burung kecil yang bertaburan di langit jingga. Henbusan angin danau yang begitu menenangkan jiwa menambah kesempurnaan suasana sore hari di Danau Matano. Selain potensi wisatanya yang begitu banyak danau ini juga dimanfaat sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) oleh PT. INCO. Danau ini juga digunakan sebagai jalur penyebrangan antara Sorowako dengan Nuha.

Anda penasaran dengan keindahan dan keunikan pada Danau Matano? Anda bisa langsung dtang ke kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Karena tempat ini sang tepat untuk dijadikan tempat berlibur anda bersama keluarga. Selamat berkunjung 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Keunikan Pada Danau Matano