Rabu, 02 Juli 2014

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh


Di Sumatra begitu banyak Taman Nasional satu diantaranya adalah taman nasional bukit tiga puluh. Taman Nasional ini terletak di antara Provinsi Riau dan Jambi. Taman seluas 144.223 hektar ini merupakan kawasan hutan tropis dataran rendah yang terkenal dengan tempat tinggal terakhir spesies yang hampir punah. Seperti spesies orangutan sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, badak sumatera, tapir asia, beruang madu dan berbagai spesies burung yang terancam. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh juga berfungsi sebagai pengendali hidrologi bagi Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Indragiri dan Batanghari.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh memiliki keaneka ragaman flora dan fauna juga memiliki begitu banyak keindahan yang luar biasa. Disini terdapat 660 spesies tumbuhan dan 246 merupakan tumbuhan obat. Ada beberapa jenis spesies langkah seperti cendawan muka rimau (rafflessia hasselti), jernang (daemonorops draco), pulai (alstonia scholaris), getah merah (palaguyum sopi), jelutung (dyeracosculata) dan pohon nibung (oncosperma tigilarium). Keistimewaan yang lain dari Taman Nasional Bukit Tiga Puluh adalah sebagai tempat tinggal suku Talang mamak dan suku Kubu, dua suku ini dianggap sebagai keturunan ras proto–mlayu. 

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh
Disini pengunjung bisa pengunjung bisa menikmati beberapa objek wisata, diantaranya :
  • Air Hitam Dalam, air hitam dalam merupakan tempat hidup habitat Harimau Sumatra. Disini pengunjung bisa menyusuri sungai dan melihat berbagai tumbuhan/satwa.
  • Tembelung Berasap, disini pengunjung dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang begitu indah,disi pengunjung juga bisa mandi dan melakukan pengamatan pada tumbuhan,
  • Batu Belipat dan Batu Gatal, ini merupakan wisata budaya arung jeram.
  • Kamantan, merupakan wisata budaya yaitu upacara agama suku talang mamak.
  • Menyaksikan Atraksi Budaya Diluar Taman Nasional, berupa siak Bermandah dilakukan pada bulan Juni dan Pacu Jalurpada bulan Agustus.

Untuk sampai di tempat wisata daerah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh ini pengunjung bisa mendarat di Pekanbaru, Riau. Ambil rute Pekanbaru – Siberida yang berjarak sekitar 285 Km dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum (Bus), waktu tempuh diperkirakan kurang lebih 4 jam. Untuk biaya masuk di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh ini masih dalam proses konfirmasi.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Demikian informasi tentang tempat wisata daerah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yang bisa saya sajikan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat dan selamat berkunjung. 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Taman Nasional Bukit Tiga Puluh