Minggu, 28 September 2014

Ritual Daerah Bakar Tongkak

Ritual bakar tongkak dikenal sebagai GO CEK CAP LAK adalah sebuah ritual tahunan masyarakat di Bagansiapiapi yang telah terkenal di mancanegara dan masuk dalam kalender visit Indonesia. Tradisi bakar tongkak ini biasanya dilakukan pada tanggal 16 bulan kelima setelah tahun baru china. Ritual bakar tongkak ini biasanya dilakukan oleh bangsa tionghoa yang ada di bagansiapiapi Provinsi Riau. 

Ritual Daerah Bakar Tongkak

Inti terpenting dari peringatan ritual daerah bakar tongkak yakni suksesnya para leluhur membawa keluarga mereka menetap di daerah perantauan sampai saat ini. Jadi para peranatau tionghua bagansiapiapi bertekat tidak kembali ketempat asalnya dengan membakar kapal tongkak. Manfaat yang didapat warga Tionghoa dalam perayaan ini menurutnya adalah kesuksesan dalam meniti hidup dan kehidupan. Dalam ritual ini masyarakat membuat kapal kemudian diinapkan di kelenteng Eng Hok King, tempat ibadah tertua milik umat Konghucu  yang terletak di tengah kota. Selain itu digelar juga panggung hiburan yang mendatangkan penyanyi-penyanyi membawakan lagu berbahasa Hokkian. Keesokan harinya, barulah kemudian kapal itu diarak warga dalam sebuah pawai dan dibakar ritual ini dilakukan setiap tahun nya.

Ritual Daerah Bakar Tongkak

Walaupun tempat wisata daerah ini berbeda dengan tempat wisata lainnya, peristiwa  bakar tongkak ini mampu mengundang para wisatawan asing untuk menyaksikan acra Ritual Bakar Tongkak ini. Jadi tidak hanya masyarakat setempat saja yang gembira dengan acara Ritual Bakar Tongkak ini. Begitu banyaknya pengunjung datang baik dari masyarakat lokal maupun mancanegara. Jadi masyarakat Rokan Hilir memanfaat kan kegiatan ini dengan sebagai mata pencaharian buat mereka yaitu dengan menawarkan jasa penginapan, alat transportasi seperti tukang bejak dan jasa ojek harganya relative tergantung tujuan dan tranportasi yang digunakan.

Ritual Daerah Bakar Tongkak
Bahkan pemerintah Rokan Hilir sudah memasukan kegiatan Ritual Bakar Tongkak ini sebagai wisata nasional yang dapat mempromosikan Provinsi Riau ke mancanegara sehingga bisa menjadi devisit Negara Indonesia.

Demikian yang bisa saya sampaikan dan tulis didalam artikel tentang Ritual Daerah Bakar Tongkak ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi tambahan wawasan anda. Selamat mengujungi dan menyaksikan acaranya. Terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ritual Daerah Bakar Tongkak